Cerita Anak Kulit Ular Ajaib – Cerita ini diambil dari daerah Bangka Belitung, menceritakan tentang seorang pembantu yang menemukan ular yang terluka ketika ia sedang mencuci baju di sungai.

Ia kemudian membawa ular tersebut untuk di obati, tapi ajaibnya ular itu dapat mengeluarkan harta seperti emas dan berlian karena kulit ular yang mengelupas dibakar. Berikut lebih jelasnya.
Cerita Anak, Cerita Anak Pendek, Dongeng Anak, Dongeng Anak Pendek,
Cerita Anak Ular Ajaib

Cerita Anak Tentang Ular Ajaib
 
Terdapat seorang gadis yatim piatu bernama Mah Bongsu. Dia bekerja sebagai pembantu rumah tangga kepada Mbah Piah yang dikenal kikir dan serakah dengan harta benda. Mah Piah mempunyai seorang putri bernama Siti Mayang.

Suatu hari, ketika Mah Bongsu mencuci pakaian di sungai, ia melihat seekor ular yang terluka di punggungnya yang kemudian mendekati Mah Bongsu. Mah Bongsu yang baik hati iba melihatnya. Ia memberanikan diri mengambil ular yang kesakitan itu dan merawatnya di rumah.

Setiap kali kulit ular itu terkelupas, Mah Bongsu memungutinya dan membakarnya sehingga muncul asap. Ajaibnya jika asap mengarah ke Negeri Singapurna, dari asap itu tiba-tiba muncul tumpukan emas berlian dan uang di depannya.

Tetapi apabila asapnya mengarah ke kota Bandar Lampung, dengan ajaib muncullah berlembar-lembar kain tipis khas Lampung. Karena keajaiban ular yang di rawat Mah Bongsu, maka dalam waktu singkat Mah Bongsu menjadi kaya raya.

Melihat Mah Bongsu yang sudah kaya raya Mah Piah merasa kekayaanya tersaingi, hampir setiap saat Mah Piah dan putrinya Siti Mayang mencari tahu rahasia kekayaan Mah Bongsu.

Setelah menyelidiki dari mana kekayaan Mah Bongsu akhirnya, mereka tahu harta kekayaan Mah Bongsu ternyata berasal dari kulit ular yang terkelupas dan dibakar. Karena ingin menjadi kaya raya mendadak seperti Mah Bongsu, keesokan harinya, Mah Piah pergi ke hutan menangkap seekor ular berbisa. Lalu ular itu dibawanya pulang dan dilepaskan di kamar puterinya.

Dengan niat ingin seperti Mah Piah yang memelihara ular agar menjadi kaya raya akan tetapi, malah bencana yang Mah Piah dapatkan. Tiba-tiba, ular berbisa itu mematuk Siti Mayang sampai meninggal. Mah Piah menyesali perbuatanya itu dan sangat sedih.

Sementara itu, ular yang di obati oleh Mah Bongsu berangsur-angsur sembuh. Dan ular itu meninggalkan Mah Bongsu yang sudah merawat dan mengobatinya tanpa melukai Mah Bongsu.

Pesan Moral Cerita Anak
Sebagai sesama makhluk hidup, kita harus saling berbuat baik kepada mahluk hidup lainya, baik itu hewan, tumbuhan dan alam yang ada di sekeliling kita. Dan jangan iri kepada orang lain, kita harus mensyukuri nikmat yang telah diberikan tuhan kepada kita.

Itulah Cerita Anak Kulit Ular Ajaib untuk memberikan pembelajaran kepada anak sebelum tidur melalui pesan moral yang terkandung dalam cerita anak pendek diatas. Semoga anak-anak kita tidak menjadi sepeti Ma Piah yang iri hati ya.