Cerita Anak Kenapa Ikan Tongkol dan Ayam Bermusuhan - Cerita anak ini menceritakan awal mula kenapa ikan tongkol dan ayam bermusuhan, padahal pada mulanya mereka meski berbeda alam untuk hidup tetapi menjalin persahabatan yang sangat erat.

Ternyata ada suatu insiden dimana rakyat ayam tidak dapat menepati janjinya kepada rakyat ikan tongkol dan menyebabkan musibah yang besar kepada rakyat ikan tongkol.
Cerita Anak Anak, Cerita Anak Pendek, Cerita Anak, Kumpulan Cerita Anak, Dongeng Anak, Dongeng Anak Pendek, Dongeng Anak Anak, Kumpulan Dongeng Anak
Cerita Anak Kenapa Ikan Tongkol Bermusuhan Dengan Ayam
Tau nggak sih, entah benar apa tidak cerita anak ini juga dapat menjawab pertanyaan kenapa ketika ingin memancing ikan tongkol harus menggunakan bulu ayam jantan? benar apa tidaknya, mungkin nanti sahabat bisa coba sendiri dirumah.

Yang pansti penasarankan, yuk silahkan baca cerita anaknya untuk sang buah hati sahabat sastraindo. Oh yah, cerita anak ini berasal dari Kepulauan Riau loh, buat sahabat yang tinggalnya disana, bisa juga membanggakan kepada anaknya.

Cerita Anak Ikan Tongkol Dan Ayam Jantan


Di masa lalu, ada kisah persahabatan ayam jago dan tongkol. Mereka saling membantu dalam kesulitan. Suatu hari, rakyat ayam mengajak rakyat ikan tongkol untuk menghadiri upacara para nelayang di pantai.

Sebelum datang ke acara tersebut, kepala suku Ikan Tongkol meminta agar ayam memberitahu mereka ketika fajar tiba. Karena jika matahari telah terbit, air akan surut dan menjadi kering.

Oleh Karenanya, rakyat ikan tongkol harus segera kembali ke laut. Kepala suku Ayam menyanggupi permintaan Kepala Suku Ikan Tongkol. Rakyat Ikan tongkol kemudian berbondong-bondong ke pantai untuk menghadiri acara tersebut.

Rakyat Ikan Tongkol sangat menikmati syair-syair puisi dan dzikir pada acara tersebut. Tanpa disadari, hari sudah sangat larut dan para rakyat ikan tongko tertidur karena lelahnya mengikuti pesta.

Tanpa diduga, ternyata rakyat ayam juga ikutan tertidur. Saat fajar, tidak ada ayam jantan yang berkokok. Padahal air laut sudah surut. Bencana pun akhirnya menghampiri rakyat ikan tongkol. Orang-rakyat ikan tongkol kaget ketika melihat hari sudah pagi dan air sudah surut.

Ketika mereka bangun dari tidur, sudah pagi dan tanahnya kering. Mereka kebingungan dan panik karena tidak bisa kembali ke laut. Rakyat Ikan Tongkol langsung mencari lubang-lubang karang yang berisi air di sekitar pantai untuk bersembunyi. Tetapi sangat disayangkan kebanyakan dari mereka terjebak di daratan dan tidak bisa kemana-mana.

Pagi itu, seluruh penduduk pesisir terkejut melihat begitu banyak ikan tongkol menggelepar di sekitar pantai.

Melihat akan hal itu kemudian para penduduk sekitar pantai menangkap ikan tongkol. Mengetahui insiden itu, kepala ikan tongkol sangat marah pada rakyat ayam jago yang tidak berkokok dan membangunkan mereka.

Sejak itu, ayam dan tongkol bermusuhan. Para nelayan sejak itu dengan mudah memperoleh ikan tongkol jika umpannya adalah bulu ayam jago.

Pesan Moral Cerita Anak
Janji yang tidak ditepati, bisa merusak sebuah persahabatan.

Itulah Cerita Anak tentang Ayam Jantan yang tidak dapat menepati janjinya kepada ikan tongkol, kasihan yah ikan tongkolnya jadi ditangkapin semua sama penduduk desa, pantesan saja kalau mancing ikan tongkol katanya harus menggunakan bulu ayam jantan hehe..