Cerita Anak Asal Usul Nama Bunga Kemuning – Cerita anak ini menceritakan tentang seorang Raja di Riau yang memiliki sepuluh anak yang semuanya perempuan. Raja tersebut memberikan nama anak-anaknya dengan nama warna.

Dari sembilan anaknya ada anak yang berbeda yakni si bungsu yang memiliki sifat yang baik hati dan tidak suka dengan hingar bingar kekayaan atau harta sang raja.
Cerita Anak Anak, Cerita Anak Pendek, Cerita Anak, Kumpulan Cerita Anak, Dongeng Anak, Dongeng Anak Pendek, Dongeng Anak Anak, Kumpulan Dongeng Anak
Cerita Anak Asal Usul Nama Bunga Kemuning
Singkanya sang raja sangat menyayangi anak bungsunya itu karena berbeda dari kakak-kakak perempuanya, akhirnya raja memberikan hadiah khusus untuk putrinya. Tetapi karena hadiah tersebut kakak-kakak yang lainya cemburu dan membunuh si bungsu.

Hadiah apa yang diberikan oleh sang raja sehingga si bungsu di bunuh oleh kakak-kakaknya silahkan baca cerita anak dibawah ini:

Cerita Anak Asal Usul Bunga Kemuning


Ada seorang Raja yang memiliki 10 putri cantik. Raja Permaisuri telah meninggal ketika dia melahirkan putri bungsunya, jadi semua putri diurus oleh pengasuh pengasuh yang ada di kerjaan. Sang Raja memberikan kesepuluh anaknya dengan nama warna.

Putri sulung bernama Putri Jambon. Adik-adiknya diberi nama Putri Jingga, Putri Nila, Putri Hijau, Putri Abu-abu, Putri Oranye, Putri Biru, Putri Ungu, Putri Merona Merona dan Putri Termuda terakhir bernama Putri Kuning.

Meskipun kecantikan mereka sama, tapi Putri Kuning benar-benar berbeda. Dia tidak terlihat manja dan nakal seperti sembilan anak perempuan lainnya. Suatu hari, Raja akan bepergian jauh. Di depan sepuluh putrinya, dia bertanya, "Kalian ingin Ayah belikan apa setelah pulang nanti wahai putri-purtiku?"

Sembilan putrinya segera meminta hadiah mahal. Hanya Putri Kuning lah yang permintaanya lain dari pada yang lain, "Aku hanya ingin ayahku pulang dengan selamat." Setelah mendengar jawaban putri sulungnya Raja sangat terharu. "Kamu putri yang baik, aku akan membawakanmu hadiah yang bagus dan mahal," kata sang Raja.

Beberapa minggu kemudian, raja kembali ke istana. Raja kemudian membagikan hadiah kepada putrinya. Dan kepada Putri Kuning, Raja memberi hadiah khusus yaitu sebuah kalung hijau yang bagus. Ternyata puteri kesembilan yang lain menjadi cemburu pada Putri Kuning karena Raja memberinya hadiah kalung hijau khusus.

Setelah Raja pergi, sembilan bersaudara itu memarahi putri Kuning dan memukul kepalanya. Tanpa diduga, pukulan itu menyebabkan Putri Kuning mati. Mereka terkejut, agar tidak tahu raja dan yang lainnya, mereka segera menguburkan tubuh Putri Kuning di taman istana.

Putri Kuning akhirnya dinyatakan hilang dari istana. Di atas di mana Putri Kuning dikuburkan, kemudian tumbuh tanaman bunga baru. Bentuk dan warna bunga itu seperti mengingatkan Raja kepada Putri Kuning.

Bunganya berwarna putih kekuningan, harum, daun-daun berkilau global seperti kalung batu hijau. Batangnya seperti gaun Putri Kuning. Maka, Raja kemudian menamai bunga tersebut dengan nama Bunga Kemuning.

Pesan Moral Cerita Anak
Jauhi iri dan dengki karena akan merusak persaudaraan, dan berbuatlah baik kepada orang tua.

Itulah Cerita Anak Asal Usul Bunga Kemuning yang mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang baik hati, dan tidak boleh iri hati apalagi membunuh saudara sendiri. Sahabat sastraindo semoga anak-anak kita meniru sifat dari putri kuning yah.